More Than Words

Bahan sharing  date 16 oktober 2012

Malam ini gw mau sharing sesuai dengan tema kita bulan ini : “More than words”

Saat gw dihubungi sama dendro, buat sharing hari ini, gw sebenernya bingung mau angkat tentang apa.

Karena klo kita bicara Firman, pengertian nya sangat luas.

Firman itu memberikan kehidupan, Firman itu melakukan mukjijat, firman itu menyembuhkan, firman itu memberi kekuatan, dll.

Tetapi saat gw renung2kan..kenapa selama ini gw sering up and down dalam kehidupan rohani, kenapa kok kadang2 kita suka ngerasa Tuhan itu jauh…Jawabannya adalah karena gw ga mau bergaul karib dengan FirmanNya, klo untuk membaca FirmanNya saja kita ga menyediakan waktu, mendengar suaranya aja qta males, gmana caranya utk kita bs deket dengan Tuhan.

Sebenernya bukan Tuhan yang jauh, tapi kita yang tidak mau mendekat.

Gw berharap sepulang dari date kita kali ini, kita semua bisa memiliki rasa haus dan lapar akan FirTu lebih lagi, dan semakin mencintai Tuhan dengan mencintai FirmanNya. Setiap pagi bangun tidur, yang kita cari adalah firmanNya, sehingga kita bisa menjadi daters yang bertumbuh dalam kerohanian, punya iman yang kuat dan semakin serupa denganNya.

Seperti maz42:2 : seperti rusa merindukan air demikianlah jiwaku merindukan Engkau ya Tuhan.

Mengapa sih kita harus mencintai firmanNya :

  1. Firman Tuhan adalah bahan dasar iman

Sama seperti bolu, memiliki bahan dasar tepung terigu dan untuk mengembang diberi baking powder, telur, dll.

Demikian juga dengan Iman, memiliki bahan dasar Firman Tuhan, untuk mengembang dia membutuhkan komunitas/persekutuan, pelayanan, seminggu sekali ke gereja,dll.

Kata yang sering dipakai untuk menyatakan Firman Tuhan dalam Alkitab adalah “LOGOS”

Mari kita baca :

Kolose 3:16 : Hendaklah perkataan Kristus (LOGOS) diam dengan segala kekayaannya diantara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji2an dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Kata kuncinya adalah LOGOS tinggal diantara kamu.

Kita simpan dulu ayat tersebut.

Kemudian buka ayat : IBRANI 4:12

Sebab Firman Allah hidup dan Kuat dan lebih tajam daripada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sum2; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Kata kuncinya LOGOS HIDUP dan KUAT.

Baca lagi : Matius 7:24-27 : Setiap orang yang mendengar perkataanku/LOGOS ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya diatas batu.

JIka digabungkan ketiga ayat tersebut maka : Logos/firman itu Kuat, Hidup dan harus penuh dalam kita agar kita bisa membangun hidup yang kuat seperti membangun rumah diatas batu.

Tanpa diundang masalah akan tetap datang, yg penting bukanlah kapan masalah datang, melainkan apakah kita akan mengahadapinya dengan bijak.Dengan Firman, kita akan tetap kuat mengahadapi setiap masalah.

Mat 4:4 à Tetapi Yesus menjawab. Ada tertulis manusia hidup bukan dari roti saja tapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah/RHEMA. Firman disini bukan Logos tapi Rhema.

Rhema adalah kata yang diucapkan oleh suara yang hidup.

Rhema adalah pada saat Firtu menjadi Firman dari Tuhan khusus buat kita atau Firman dari Tuhan yang khusus buat anda utk menghadapi situasi dan keadaan yang khusus.

Roma 10: 17à Jadi iman TIMBUL dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus/RHEMA.

Ilustrasi : kita berdiri di depan danau yang tenang, tiba2 di depan danau yang tenang, timbul sesuatu misalnya buaya. Buaya bisa timbul karena sebelumnya dia sudah ada di dalam danau tersebut. Klo dia ga pernah ada disitu, dia ga mgkn muncul. Di bs timbul karena dia ada di dalam situ cukup lama.

Sama seperti iman, iman bisa timbul jika LOGOS itu sudah ada di dalam diri kita sebelumnya.

Iman yang muncul dari pendengaran dan pendengaran akan Firtu.

Biarkan hidup kita penuh dengan LOGOS, kaya akan Firtu, sering2lah membaca Firtu, menyimpan LOGOS, lakukan LOGOS dalam kehidupan kita, Logos akan memberi pengertian dan pengetahuan ttg kehidupan dan Tuhan. Logos akan membuat hidup kita kokoh seperti mendirikan rumah diatas batu.

Saat2 tertentu, saat terjadi persoalan, pergumulan, saat rencana Tuhan dalam hidup kita akan dinyatakan, maka Roh Kudus yang akan membuat LOGOS yang tersimpan di dalam hati qta timbul, naik keatas, makanya kita harus kaya akan Firtu itu.

Yoh 6:63 : Roh Kudus yang membawa Logos tersebut menjadi rhema dalam hidup kita.

Ibrani 11 : 6 à dengan iman manusia berkenan kepada Allah.

Jadi patternnya :

FIRTU –> membuat manusia mjd berIMAN –> Allah berkenan dan disenangkan –> Hidup kita akan berbahagia.

firtu dasar dari iman

2. Firtu mendewasakan

Selama kita hidup kita pasti membutuhkan Pertumbuhan..

Syarat bertumbuh adalah Harus Hidup dulu (sesuai dgn firman itu HIdup), dan kemudian dia harus mendapat  makanan.

Mat 4:4 : Tetapi Yesus menjawab :”ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang kelaur dari mulut Allah.”

Selain kita membutuhkan makanan jasmani, kita juga pasti membutuhkan makanan Rohani.

Kita pasti ingin bertumbuh menjadi dewasa.

Saat kapan seseorang bs dibilang DEWASA?

Kedewasaan seseorang dilihat dari tingkat pengertiannya.

Semakin kita mengerti FIRTU semakin dewasa kerohanian kita.

Kedewasaan ~Tingkat pengertian.

Tingkat Pengertian menentukan kedekatan.

Misalnya : qta lebih seneng deket sama orang yang mengerti kita/ tidak? Tentu kita lebih senanng deket dengan org yg bs mengerti kita.

Semakin kita mengerti akan firtu, qta akan semakin deket dengan Tuhan.

Cth di MAZ 139 :1+2

Daud merasa deketttttttt bgt dgn Tuhan, krn Daud merasa dimengerti oleh Tuhan.

BAGAIMANA supaya qta bs mengerti FIRTU :

1. Miliki sifat yang reseptif artinya seperti anak2 yang mau diajar, mau dibentuk dan mau diarahkan.

2 tim 3:16

Segala Tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan utk mendidik org dalam kebenaran.

2. Miliki sikap Takut akan Tuhan

Kembali kita membuka FIRTU:

AMsal 1 :7 Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

Amsal 9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, dan mengenal Yang MahaKudus adalah pengertian.

firtu mendewasakan

Ada 5 M Kunci SUkses :

1. Membaca

Baca firman setiap hari.

Kita tidak bisa menonton film/TV selama 3 jam setiap hari dan membaca alkitab selama 3 menit dan berharap utk bertumbuh.

Untuk kita tahu yah kita harus baca, untuk tahu qta harus melangkah kemana yahh qta harus baca manual book kehidupan kita.

Saat Tuhan mempunyai t4 khusus di hati kita, pasti kata2Nya menjadi kerinduan dan kecintaan kita.(sama seperti kisah surat cinta)

2. Merenungkan/mengerti

Tidak hanya membaca tapi kita butuh mengerti akan Firman Tuhan.

3. Memperkatakan/mengimani

Katakan pada diri sendiri dan diimani. Iman timbul dr pendengaran. Allah memberikan ribuan janji yg tertulis di alkitab, bukan hanya utk dipercayai tapi juga diucapkan dan diperkatakan.

Mat 12:37 Karena menurut ucapanmu engkau dibenarkan.(contoh perkataan nikahnya kak nani)

Ayo belajar memperkatakan Firman.

4. Melakukan

Udah dibaca, dimenegrti, diimani, klo qta berhenti disitu aja sama dengan sia2. Iman tanpa perbuatan adalah mati.

Qta perlu melakukan apa yg qta mengerti itu.

Bagian ini adalah bag yg paling berat.

1000 langkah selalu dimulai dengan 1 langkah pertama dan biasanya ini langkah yg paling berat tp qta harus terus melangkah.

“JIka qta mau melakukan apa yg org lain tdk mau lakukan, kit bs dapatkan apa yg org lain tidak dapatkan”

5.Membagikan

Bagikan apa yang qta tahu kepada org lain, sehingga kita diberkati utk memberkati org lain juga.

Kerinduan akan firtu harus jadi gaya hidup kita.

Kita akan merasa rugi jika melewatkan 1 hari tanpa Firtu.

Jesus never say it would be easy, but He said it would be worth it (mat 7:13-14)

 

Be blessed 😀

Pelayanan Bukanlah Pillihan

ini Bahan Sharing gw di date Pav3 tanggal 13 desember 2011..berdasarkan request yg ga dateng, gw posting deh dimariii…enjoy it 😀 

Setelah sebulan penuh kita belajar tentang generosity, sekarang  saatnya kita mempraktekkannya dengan melayani orang yang Tuhan tempatkan di sekitar kita.

Kita ditempatkan di bumi ini untuk memberikan sumbangsih/kontribusi. Kita tidak diciptakan hanya untuk menghabiskan Sumber Daya seperti utk makan, nafas dan menuh2in tempat di bumi. Allah merancang kita untuk mengadakan sesuatu yang berbeda melalui kehidupan kita.

  • Kita diciptakan untuk melayani Allah.

Alkitab mengatakan  di efesus 2:10

“Karena kita ini buatan ALLAH, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau supaya kita hidup di dalamnya.” ATB

“Kita adalah ciptaan Allah, dan melalui Kristus Yesus, Allah membentuk kita supaya kita melakukan hal2 yang baik yang sudah dipersiapkannya untuk kita.”BIS

“Hal-hal yang baik” inilah pelayanan kita. Kapanpun kita melayani orang lain(melakukan perbuatan baik kpd org lain) dengan cara apapun, kita sebenarnya sedang melayani Allah. We serve others we serve GOD.  

Tuhan sudah dengan seksama dan tidak main2 membentuk kita bagi tujuan ini.

Yeremia 1: 5 à Sebelum aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, aku telah menguduskan engkau menjadi nabi bagi bangsa2.

“Sebelum aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah memilih engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, aku telah memisahkan engkau untuk suatu pekerjaan yang kudus” versi NCV

artinya kita ditempatkan di planet ini untuk suatu tugas khusus.

  • Kita diselamatkan untuk melayani Allah

Alkitab mengatakan  di 2 tim 1:9

“Dialah yang menyelamatkan kita dan memilih kita untuk pekerjaanNya yang kudus, bukan karena kita layak, melainkan karena itulah yang telah direncanakanNya”(FAYH)

 Allah menebus kita supaya kita bisa melakukan perbuatan “pekerjaan kudusNya”.

 untuk melakukan pekerjaan kudusNya kita harus kudus..dan satu2nya cara untuk membuat kita kudus adalah kita harus diselamatkan oleh Yesus sendiri. Dia tau klo manusia tidak bisa kudus dengan usahanya sendiri…

Untuk melayani Allah yang kudus kita harus kudus untuk melakukan pekerjaanNya yang kudus.

Kita tidak diselamatkan oleh pelayanan tapi kita diselamatkan untuk pelayanan.

Di dalam kerajaan Allah, kita memiliki sebuah tempat, sebuah tujuan, sebuah peran, sebuah fungsi untuk dilaksanakan. Ini memberi arti dan nilai yg luar biasa kpada kehidupan kita.

Yesus harus mengorbankan nyawaNya sendiri untuk membeli keselamatan kita.

Alkitab mengingatkan kita “Allah telah membeli kamu dengan harga yang sangat mahal. Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

Kita tidak melayani Allah karena rasa bersalah atau ketakutan atau bahkan kewajiban, tetapi karena sukacita dan ucapan syukur yang dalam atas apa yang telah Dia kerjakan bagi kita.

Rasul Yohanes mengajarkan bahwa pelayanan kita dengan penuh kasih kepada orang lain menunjukkan bahwa kita benar2 diselamatkan.

Dia berkata, “Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita”1yoh3:14

Jika kita tidak memiliki kasih kepada orang lain, dan kita hanya peduli dengan kebutuhan2 kita, seharusnya kita bertanya-tanya apakah Kristus sungguh2 ada di dalam kehidupan kita.

Hati yang diselamatkan adalah hati yang ingin melayani.

Pada saat ibu mertua petrus yang sakit disembuhkan oleh Yesus, dia segera “bangun dan mulai melayani Yesus” mat 8:15 dengan menggunakan karunianya yang baru yaitu kesehatan. Inilah yang harus kita lakukan.

Coba kita bayangkan apabila posisi kita saat ini sebagai orang yg sedang sakit parah, misalnya tumor. Dan setelah diagnosis dokter yg mengatakan bahwa kemungkinan qta sembuh kecil. Sudah tidak ada harapan, semuanya kelam.  Tapi ternyata Tuhan melakukan mukjijatnya dan kita sembuh…saat2 seperti itu, satu2nya hasrat kita adalah melayani/melakukan sesuatu untuk yang menyembuhkan kita sebagai ucapan syukur dan sukacita kita.

  

Kita disembuhkan untuk menolong orang lain.

Kita diberkati untuk menjadi berkat.

Kita diselamatkan untuk melayani, bukan untuk bermalas-malasan dan menantikan surga.

 

Pernahkah kita bertanya2 dalam hati mengapa Allah tidak segera saja mengangkat kita ke surga saat kita menerima Kasih KaruniaNya/ menerima Tuhan sebagai Tuhan dan juru selamat kita? Mengapa Dia meninggalkan kita di dunia yang berdosa?

Dia meninggalkan kita disini untuk tujuan2Nya. Begitu kita diselamatkan, Allah bermaksud untuk memakai kita bagi tujuan2Nya. Allah memiliki sebuah pelayanan bagi kita di dalam gerejaNya dan sebuah misi bagi kita di dunia. Gereja disini bukan berarti gedungnya, tapi isinya/manusianya. Pelayanan bagi kita di dalam gereja itu artinya pelayanan kita untuk orang2 percaya. sebuah misi bagi kita di dunia maksudnya pelayanan buat orang2 yang belum percaya. ada ilustrasi yang cocok buat menggambarkan “sebuah misi bagi kita di dunia”. misalnya nih kita tau obat untuk penyakit aids.dan kebetulan ada temen deket kita yang sakit aids. bukannya suatu kejahatan apabila kita tahu obat untuk aids tapi kita tidak memberitahukannya kepada dia..padaha itu bisa menyelamtkan dia.

memberi tahu mereka jalan untuk memiliki kehidupan yang kekal adalah sebuah hadiah terbaik yang kita bisa berikan kepada mereka di dunia ini.

  •  Kita dipanggil untuk melayani Allah

Mungkin kita mengira bahwa “dipanggil” oleh Allah merupakan sesuatu yang hanya dialami oleh misionaris, pendeta, biarawati dan pekerja gereja full timer lainnya. Tapi alkitab berkata bahwa semua orang kristen dipanggil untuk melayani (efesus 4:4-14).

Tidak perduli apa pekerjaan atau karir kita, kita dipanggil untuk pelayanan kristiani full timer.

Alkitab mengatakan “Allah menyelamatkan kita dan memanggil kita supaya menjadi umatNya sendiri. Ia melakukan itu bukan berdasarkan apa yang sudah kita kerjakan, melainkan berdasarkan rencanaNya sendiri.”2tim1:9

1 petrus2:9 “kamu dipilih untuk membritakan sifat2 Mulia Allah, yang memanggilmu”

Setiap kali kita menggunakan kemampuan2 yang diberikan Allah untuk menolong orang lain, kita sedang memenuhi panggilan kita.

Salah satu alasan mengapa kita perlu berhubungan dengan sebuah keluarga gereja (date) ialah untuk memenuhi panggilan kita melayani orang2 percaya lainnya dengan cara2 yang praktis.

“kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing2 anggotanya”

Tidak ada pelayanan yang kecil bagi Allah.

Begitu juga tidak ada pelayanan yang tidak penting di dalam gereja.

Beberapa pelayanan bisa dilihat dan beberapa pelayanan berada di balik layar, tetapi semuanya bernilai.

Tidak ada hubungan antara ukuran dan arti penting.

  • Kita diperintahkan untuk melayani Allah

Matius 20:28

“kalian harus bersifat seperti aku, karena Aku, Mesias, datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan menyerahkan nyawa-Ku”

Bagi org2 kristen, pelayanan bukanlah pilihan, namun sesuatu untuk dimasukkan ke dalam jadwal kita jika kita bisa menyediakan waktu.

Pelayanan adalah inti kehidupan Kristen.

Yesus datang “untuk melayani” dan “untuk memberi” dan kedua kata kerja tersebut  seharusnya juga menjadi  ciri kehidupan kita di dunia. Melayani dan memberi adalah rangkuman  tujuan Allah bagi kehidupan kita.

Bunda Teresa pernah berkata, “kehidupan yang kudus tercapai karena melakukan pekerjaan Allah dengan senyuman 🙂 .”

Yesus mengajarkan bahwa kedewasaan rohani sendiri tidak pernah merupakan tujuan. Kedewasaan adalah untuk pelayanan!

Kita bertumbuh untuk memberi.

Tidaklah cukup kalau hanya belajar lebih banyak dan lebih banyak.

Kita harus bertindak berdasarkan apa yang kita tahu dan menjalankan apa yang kita bilang kita percayai.

Belajar tanpa pelayanan menyebabkan kebekuan rohani.

Perbandingan antara laut mati dan laut galilea masih berlaku.

Galilea merupakan danau yang penuhh dengan kehidupan karena ada air yang memasukinya, tetapi juga ada air yang mengalir keluar. Sebaliknya tidak ada yang hidup di laut mati karena, tanpa aliran keluar, danau itu mandek.

Melayani aadalah lawan dari kecenderungan alamiah kita. Seringkali kita lebih tertarik pada “layani kami” ketimbang pelayanan. Kita berkata, “saya mencari sebuah gereja yang memenuhi kebutuhan saya dan memberkati saya,” bukan “Saya mencari sebuah tempat untuk melayani dan menjadi berkat.”

Kita mengharapkan orang lain melayani kita, bukan sebaliknya. Tetapi ketika kita dewasa di dalam Kristus, focus kehidupan kita seharusnya semakin bergeser kepada menjalani kehidupan pelayanan. Pengikut Yesus yang dewasa berhenti bertanya, “siapa yang akan memenuhi kebutuhanku?” dan mulai bertanya, “kebutuhan siapa yang bias saya penuhi?”

Pernahkah kita mengajukan pertanyaan tsb?

Kasih akan berakhir ketika kita berhenti untuk peduli kepada orang lain.

Bahkan salah 1 dari 6 kata kunci leadership yang baik adalah leader yang melayani.

  • Seorang pemimpin tidak memikirkan diri sendiri, ia harus memperhatikan orang2 yang ia pimpin karena itulah ia dijadikan pemimpin.
  • Jadi seorang pemimpin justru adalah seorang pelayan (mat 23:11)
  • Power is for services.
  • Leadership is more about the people than the leader.

 Saya jadi inget di kelas COL, kita melakukan aktivitas untuk mendeteksi strength qta dengan cara qta diaksi PR untuk menulis ‘strength diary’ yang tiap kalimatnya diawali dengan ‘I love it when…’ syaratnya Kalimat tersebut merupakan kegiatan untuk memberikan kontribusi positip bagi orang lain (focus bukan pada diri sendiri).

Artinya Tuhan memberika strength yang berbeda2 kepada tiap orang dengan tujuan agar strength itu digunakan untuk melayani/membantu/memberikan kontribusi bagi org lain.

Bersiap-siap untuk kekekalan

kehidupan kita di bumi ini seumpama sebuah Buku. apa yang kita jalani di dunia ini  baru cover dari buku itu,bab 1 sampai bab akhir dari hidup qta akan kita habiskan di dalam kekekalan (baik surga/neraka).

Pada akhir hidup kita di bumi kita akan berdiri di hadapan Allah, dan dia akan mengevaluasi seberapa baik kita melayani org lain dalam kehidupan kita.

Alkitab berkata, “demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.”

Pikirkan ttg implikasinya.

Suatu hari Allah akan membandingkan berapa banyak waktu dan tenaga yang kita gunakan untuk diri kita sendiri dengan apa yang kita berikan untuk melayani orang lain.

Pada saat tsb, semua alasan kita utk keegoisan kita akan terdengar hampa : “Saya terlalu sibuk” atau “Saya memiliki tujuan2 saya sendiri” atau “Saya sibuk bekerja, bersenang2 atau mempersiapkan diri untuk pensiun.”

Untuk semua alasan Allah akan menjawab, “maaf, jawaban yang keliru. Aku menciptakan, menyelamatkan, memanggilmu dan memerintahkanmu untuk menjalani kehidupan pelayanan.”

Bagian mana yang tidak kamu pahami?

Alkitab memperingatkan org2 yg tdk percaya, “Dia akan menumpahkan amarah dan murkaNya atas mereka yang hidup bagi diri sendiri”roma 2:8

Tetapi bagi orang Kristen itu akan berarti kehilangan upah kekal.

Kita hanya benar-benar hidup bila kita menolong orang lain.

Yesus berkata, “jikalau kalian mempertahankan nyawa, kalian akan kehilangan nyawa. Jikalau kalian kehilangan nyawa demi Aku dan demi Berita Kesukaan, kalian akan dapat menikmati hidup yang sesungguhnya.”markus 8:35

Kebenaran ini begitu penting sehingga diulangi lima kali di dalam kitab2 injil. Jika kita tidak melayani, kita hanya ada, karena kehidupan dimaksudkan untuk pelayanan. Allah ingin agar kita belajar mengasihi dan melayani sesama tanpa mementingkan diri sendiri.

Pelayanan dan Makna

Kita  akan memberikan kehidupan kita bagi sesuatu. Apakah itu karier, olahraga, hobi, kepopuleran, kekayaankah?

Tak satupun dari hal2 ini akan memiliki makna kekal.

Pelayanan merupakan jalan setapak menuju makna yang sesungguhnya.

Melalui pelayananlah kita menemukan arti hidup kita.

Alkitab berkata roma 12:5 “kita masing2 menemukan arti dan fungsi kita sebagai bagian dari tubuhNya”

Ketika kita melayani bersama-sama dalam keluarga Allah, kehidupan kita memiliki makna kekal.

Paulus berkata “AKu ingin agar kamu memikirkan bagaimana semuanya ini membuatmu lebih bermakna, tdk semakin kurang..krn kamu adalah satu tubuh.”

Allah ingin memakai kita untuk membuat perubahan di dalam duniaNya.

Dia ingin bekerja melalui kita.

Yang penting bukanlah jangka waktu kita hidup, tetapi sumbangsihnya.

Bukan berapa lama kita hidup, tetapi bagaimana kita hidup.

Jika kita tdk terlibat di dalam pelayanan apapun, dalih apa yang kita gunakan??

Abraham berusia tua, yakub tidak kokoh, lea tdk menarik, Yusuf diperlakukan dengan kejam, musa gagap, Gideon miskin, Samson bergnatung, rahab tdk bermoral, daud melakuakn perselingkuhan dan menghadapi segala jenis maslah keluarga, elia mau bunuh diri, yeremia hilang semangat, petrus meledak2 dan pemarah. Benar2 anekaragam orang yg tdk sempurna, tetapi Allah memakai mereka semua dalam pelayananNya. Dia akan memakai qta juga jika kita berhenti membuat alas an.

 The end….

hoahhh *lega selesai sharing* 

yuk qta sama2 belajar…apa yg gw omongin diatas, bukan berarti sudah gw lakukan semua…yahhh, saat ini gw masih ngesot2 juga, masih sering jatoh juga, masihh banyak Failed nya juga…yang jelas gw mau encourage qta semua buat terus melayaniii DIA hingga akhir masa qta di dunia…

keep spirittt….

COL

18 januari 2011, itu tanggal terakhir kali gw ngepost blog en sekarang *lirikkalender* 7 desember 2011…

waduh kacau banget, hampir setahun sekali gw ngepost blog….maless abis yah gw,hahaha…ket..ket…gmana mau nemuin passion kalo males gini *talktomyself :p

Wokehh klo begitu…gw mau ceritain tentang COL buat blog gw kali ini.

Begindang ceritanya booo… Kemarin, di bulan oktober-november gw ngikutin kelas yang diadain gereja gw, namanya COL (Community of Leaders). Kelas ini kerennn bangetttt….bangetttttttt dehhh pokoknya…hampir speechless gw..setiap abis ikutin kelas ini gw ga bs tidur…bukannn…bukannn karena banyak nyamuk (nyamuk mah dah biasa jadi makanan gw,nyam..nyamm *sadis* :p) tapi emang bwt gw kepikiran terus, about my passion..my purpose..my holy discontent and etc… tenang..tenang jangan bingski dulu ma istilah2nya sodara2…gw bakal ngejelasin apa aja sih yang diajarin, en knapa gw bisa galau dibuatnya… *bukabukuCOLdulu,biar ga sesat 😀

Sebelumnya, kayanya gw mesti INTRODUCING COL dulu nih…

Jadi, sebelum gw ikut kelas COL ini gw ikut kelas COB (Community of believers).

Kelas COB ini ngajarin dasar-dasar keKristenan buat orang2 percaya..

agar seluruh partners JPCC memiliki pemahaman yang benar dan sama tentang apa yang dipercayai.

Yang diajarkan di kelas COB ini seperti Apa Rencana Tuhan Atas kita Di dunia, Karya Penebusan, Siapa kita didalam Kristus, Iman, Baptisan Air, Kerajaan ALLAH, Pribadi Roh Kudus dan Baptisan Roh Kudus.

Gw pernah posting blog yang judulnya “PURPOSE”, itu salah satu hasil ajaran dari kelas COB ini.

Nah, setelah itu kita diperbolehkan ikut kelas COL ini. Dari namanya aja, pasti dah pada tau donk klo kelas ini mempersiapkan kita untuk menjadi Leader.

Apa sih Leadership itu??

Klo yang sering kita tau dari kamus2 itu leadership adalah kemampuan untuk memimpin orang lain. Tapi disini diajarkan Leadership itu tentang menambahkan nilai pada orang-orang yang kita pimpin.

Ada 2 tipe kepemimpinan, yaitu

1. Positional Leadership : orang yang menjadi pemimpin karena dia mempunyai jabatan.

2. Personal Leadership : orang yang memimpin dengan sentuhan2 personal walaupun dia ga punya jabatan. Contoh mother Theresa.

Ada enam kata kunci dalam Leadership :

1. INFLUENCE : Semakin besar pengaruh kita semakin mudah kita memimpin.

Seorang pemimpin yang berhasil itu memerlukan :

a. Rekan (posisi berjalan) : orang-orang yang berada di level yang sama

b. Mentor (posisi duduk) : Orang-orang yang kita belajar darinya, orang yang kita teladani.

c. Pengikut (posisi berdiri) : mengimpartasikan apa yang kita punya kepada orang lain.

Klo kita memiliki banyak pengikut/banyak orang yang lookup kepada kita maka kita akan lebih aware dalam hidup kita.

 

2. INSPIRASI : jadi sumber ide/model bagi orang lain. Inspirasi itu fokusnya mengubah diri sendiri sedangkan intimidasi itu fokusnya mengubah orang lain. As a leader you cannot drive people, you must lead them. Penelitian menunjukkan dibutuhkan usaha 5% untuk kita bisa leading down, 20% untuk leading lateral, 25 % leading up dan 50% untuk leading self. Artinya sodara2, bahwa hal yang paling sulit itu adalah leading self (ada amenn??). So kita harus leading self dulu baru kita bisa leading down,lateral bahkan leading up.

 

3. DISIPLIN..ga perlu dijelasin kayanya dah pada ngerti yah..buat seorang pemimpin itu penting banget buat disipin terhadap diri sendiri, karena memang orang yang paling sulit dipimpin adalah diri sendiri.

 

4. SECURE…seorang pemimpin yang memimpin dengan jalan manipulasi dan intimidasi adalah seorang yang tidak aman dengan diri sendiri dan takut kehilangan pengaruh. Secure disini berarti pemimpin tersebut mengetahui jalurnya sendiri, ga takut/t’intimidasi dengan apa yang dicapai org lain cos dia tau dgn jelas apa yang dia harus kerjakan atau apa yang Tuhan letakkan dalam kehidupannya. Seorang pemimpin yang tidak secure akan cenderung memanggil orang-orang yang dibawah kemampuannya untuk join the team, sedangkan klo secure, dia akan menaruh orang-orang yang lebih dari dia di dalam teamnya.

 

5. MELAYANI…seorang pemimpin tidak memikirkan dirinya sendiri, ia harus memperhatikan orang-orang yang dia pimpin karena untuk itulah ia dijadikan pemimpin. Harus membuat orang-orang yang dipimpinnya semakin lebih baik. Jadi seorang pemimpin justru sebenarnya adalah PELAYAN. POWER is for services. Harusnya pengikut bahagia karena memiliki pemimpin seperti kita. Leadership is more about the people than the leader.

 

6. PERUBAHAN..perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan di dunia ini. Kita dapat mengantisipasi/memimpin perubahan atau kita menjadi korban perubahan (yang biasanya akan mengakibatkan penderitaan). Tuhan menciptakan sesuatu untuk mengalami 3 fase kehidupan yaitu ketergantungan, mandiri dan interdependent.

Tujuan dari kehidupan adalah MEMBERI. Kita bergerak dari bayi yang penuh dengan meminta perhatian, meminta dilayani dan dikasihi menuju kedewasaan(kondisi dimana kita tidak sibuk lagi meminta namun memberi perhatian, melayani dan mengasihi).

“You finally become an adult when you realize that life is about what you give rather than what you get”

“Leadership is not about power, it’s not about control, it’s about helping people live according to the vision. It’s the vision, the purpose, picture of the future and values that everyone should serve.”

 

Ini masih secuplik kecil dari kelas COL yang gw dapet..ini masih hari pertama…buat pertemuan2 berikutnya gw sambung di blog gw berikutnya yahh… Gw berasa nulis ulang materinya deh,hehehhe…buat yang udah pernah denger, anggep aja ini review ulang…klo yang belum, moga2 berguna…tujuan gw sih sebenernya buat reminder gw ajah, siapa tau suatu saat  gw jadi presiden,hehehehe….ketinggian yah mimpinya :D…ywdh klo ga setuju, menteri pemberdayaan wanita aja deh *sedikitmaksa :p

 

oceyy see u soon…have a blessed day

 

Gaya hidup orang kaya

Gaya Hidup Orang Kaya


Ada 1 lembaga penelitian sekuler di USA yg meneliti tentang orang-orang bahagia. Karena ini lembaga sekuler, ukuran bahagia pertama adalah banyaknya uang, maka lembaga tersebut mensurvey orang-orang kaya (milyuner) dengan sample awal sebanyak lebih dari 200 ribu orang milyuner. Dari 200 ribu itu disaring kadar bahagia-nya berdasarkan berbagai parameter termasuk keluarga tersebut. Hasil saringan terakhir ada sekitar 200 orang yang dianggap sangat bahagia, karena selain kaya, bisnisnya luar biasa, menikmati hidup, keluarganya beres.

Hasil survey tersebut ditulis dalam buku karangan Thomas Stanley berjudul “The Millionaire Mind”

Orang-orang kaya tersebut rata-rata sudah berumur, mereka adalah orang kaya dalam 1 generasi, artinya bukan kaya warisan, tapi kaya dengan modal zero, alias kerja sendiri. Kemudian orang-orang ini diwawancara satu per satu secara detail, dan di-summary-kan gaya hidup orang-orang tersebut, berikut 10 gaya hidup:

1. Orang-orang tersebut FRUGAL = HEMAT
Artinya: Mereka penuh pertimbangan dalam memanfaatkan uang mereka. Untuk beli sesuatu, pikir-pikir dulu sekitar 20 kali, tipe orang yang tanya sama Tuhan tentang segala sesuatu pengeluaran. Mereka tidak diperbudak mode, meskipun tidak kuno, tapi modis. Mereka tahu dimana beli barang bagus tapi murah.

2. Orang-orang tersebut selalu hidup di bawah income mereka, tidak hidup gali lobang tutup lobang alias anti utang.

3. Sangat loyal terhadap pasangan – tidak cerai dan setia!

4. Selalu lolos dari prahara baik dalam keluarga/bisnis (di USA sering resesi ekonomi, mereka selalu lolos).
Setelah ditanya apa kunci lolosnya, jawabannya: “Overcoming worry and fear with The Bible and pray,with faith to God. We have God and His word”

5. Cara berpikir mereka berbeda dalam segala segi dengan orang-orang kebanyakan
contoh: Kita kalau ke mall, mikir abisin duit, mereka malah survey mencari bisnis apa yang paling laku di mall. They think differently from the crowd. Mereka “man of production” bukan “man of consumption”

6. Ketika ditanya kunci suksesnya;
a. Punya integritas = omongan dan janji bisa dipegang dan dipercaya.
b. Disiplin = tidak mudah dipengaruhi, dalam segala hal, termasuk disiplin dalam hal makanan, mereka orang yang tidak sembarangan konsumsi makanan. Tidak serakah.
c. Selalu mengembangkan social skill = cara bergaul, belajar getting along with people, belajar leadership, menjual ide, mereka orang yang meng-upgrade dirinya, tidak malas belajar.
d. Punya pasangan yg support, selalu mendukung dalam keadaan enak/tidak enak. Menurut mereka, integrity dimulai di rumah, kalau seorang suami/istri tidak bisa dipercaya di rumah, pasti tidak bisa dipercaya diluar.

7. Pembagian waktu/aktivitas, paling banyak untuk hal-hal berikut:
a. Mengajak anak dan cucu sport/olahraga, alasannya: dengan olahraga bisa meningkatkan fighting spirit yang penting untuk pertandingan rohani untuk menang sebagai orang beriman, untuk bisa sportif (menerima kenyataan, tetapi dengan semangat untuk memperbaiki dan menang).
b. Banyak memikirkan tentang investment.
c. Banyak waktu berdoa, mencari hadirat Tuhan, belajar Firman. Ini
menjadi lifestyle mereka sejak muda.
d. Attending religious activities.
e. Sosializing with children and grand child, ngobrol.
f. Entertaining with friends, maksudnya bergaul, membina hubungan.

8. Have a strong religious faith, dan menurut mereka ini kunci sukses mereka.

9. Religious millionaire
Mereka tidak pernah memaksakan suatu jumlah aset sama Tuhan, tapi mereka belajar mendengarkan suara Tuhan, berapa jumlah aset yang Tuhan inginkan buat mereka. Minta guidance untuk bisnis. Mereka bukan type menelan semua tawaran bisnis yang disodorkan kepada mereka, tapi tanya Tuhan dulu untuk mengambil keputusan.

10. Ketika ditanya tentang siapa mentor mereka, jawabannya adalah TUHAN.

Happy New Year 2011

Hellow everybody…here we are now at 2011…

One word for everything He has done for me and for you is WOW…. Wow, gw boleh memasuki thn ini dgn tubuh yang sehat, pikiran yang positif dan semangat yang baru..Wow, keluarga gw sehatt semua, bahkan tahun 2010 Tuhan menambahkan 1 anggota keluarga bwt kel besar kami (op.Gavi),si ale lahir dan klo Tuhan mengijinkan akan bertambah lagii di th 2011…(si calon kakak ipar)…ow,HOW GREAT IS OUR GOD 😀

Temans, Setiap qta pasti punya banyak hal utk qt syukuri di tahun 2010 yg udah lewat..dan qta punya harapan utk tahun 2011 yang baru qta masuki ini.

Gw Cuma mo bagiin apa yg gw dapat baru2 ini. Secara ga kebetulan,di 2 kali ibadah yang beda2 (beda tempat,beda hari, beda jam), gw dapet ayat ini, yosua 1:9 yg isinyahh: Bukankah telah kuperintahkan kepadamu : kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Jangalah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.

Hmmm, awalnya ga ngertiii…ga ‘ngeh lebih tepatnya…pas dibaca lagi..ow iayah…gw br sadar bahwa sekilas gw sempet khawatir ttg thn 2011 ini. klo di awal thn kan biasanya byk tuh ramalan2,thn ini bakal bgini bgtu,atau apapun lah ramalan2 negatif yg byk bgt qta denger dan bwt qta takutt dan kuatir…But,Syukur Tuhan punya janji yang mbuat qta tenangggg dan damaii…gmana gak? DIA ajah bilang ‘kemanapun kau pergi,AKU akan menyertaimu’..kekos,ke kantor,ke pasar,ke mall,ketoilet pun DIA menyertaii…Luar biasa.

Jujur, janjiNya menguatkan bgt…mbuat gw mantab menjalani hari2 di th 2011 ini. He never leave me alone. Klo di gereja2 sering dibilang tahun ini adalah tahun kemenangan (inget qt lebih dr pemenang), tahun kepastian (smua yg menggantung2,gak pasti, santaii..thn ini ada kepastiannya), tahun kemurahan (pcaya deh, thn ini Tuhan mau qta ga hdp dalam keadaan pas2an,tapi berkelimpahan, qta bahkan ga mengejar2 berkat, tapi berkatNya yang mengejar dan mengikuti qta).

Gw juga diajarin bwt mengawali tahun ini dengan belajar memperkatakan hal-hal yang gw pengen liat terjadi di tahun 2011. Klo qta Pengen hubungan di dalam keluarga qta dipulihkan,Katakan itu..pengen pekerjaan yg lebih baik,say it..pengen jodoh,katakan imanmu…

Point ke 2 yg gw dapet itu qta harus punya visi dan BERGERak…

Qta harus tau visi qta apa,supaya qta lebih fokus netapin langkah qta…yg jelas qta harus tanya Tuhan juga ttg visi apa yg Tuhan taruh di hati qta. FYI, gw juga blom tau, apa sih visi gw secara jelas. Apa sebenernya Tujuan Tuhan waktu Tuhan ciptain gw. Tapi, jgn bosen2 trus cari wajahNya dan trus bertanya, apa visi itu. Karena Tuhan juga pasti ga ingin nyimpen Tujuan itu sdirian trus,DIA juga pengen share apa Visinya bwt qta. So keep asking HIM..

The next is MOVE alias bergerak… Gw yakin qta smua pasti dah buat resolusi bwt thn 2011 ini. Resolusi itu hanya akan tetep jd resolusi klo qta ga mulai melangkah. A journey of a thousand miles begin with a single step. So show us your first step and move it. Contohnya nih, misalnya ada yg pengen jd motivator, ya mulailah membaca buku2 motivator terkenal dan mulailah memotivasi org2 tdekatmu. Mw jadi berkat bwt tempat pekerjaan?mulailah dgn tersenyum (hal yg paling mudah) dgn smua org yg lo temui di kantor,dll.

Okey dehh…cukup segitu dulu blog hari ini..kayanya bs ditambahin ke resolusi gw thn ini bwt semakin rajin ngeblog…hehehe…krn udah saking lamanya ga ngeblog,mpe tulisan gw smakin ga beraturan gini,hihi…

The last, i hope in 2011, keep upgrading your life, learn something new,be wiser and have visions.

I call you blessed and highly favored!

God Bless you all…

 

When God made you

(Guys) Its always been a mystery to me

How two hearts can come together

And love can last forever.

But now that I have found you I believe,

That a miracle has come

God sends the perfect one.

So gone are all my questions about why

And i’ve never been so sure of anything in my life

 

~chorus~

oh I wonder what God was thinking

when created you

I wonder if He knew everything I would need

Because he made all my dreams come true

When God made you

He must have been thinking about me.

 

(Girls) Ooo ooo,I promise that wherever you may go

wherever life may lead you,

With all my heart I’ll be there too.

And from this moment on I want you to know,

I’ll let nothing come between us

and I will love the ones you love.

 

(guy):So gone are all my questions about why

(girl echoes):about why

Duet:Oh I wonder what God was thinking when he created you,

I wonder if He knew everythin I would need

Because He made all my dreams come true

When God made you He must’ve been thinking about me

Bridge He made the sun He made the moon

To harmonize a perfect tune,

One can’t do without the other they just have to be together

And that is how I know its true,

Your for me and i’m for you and my world Just cant be right without you in my life

Chorus (guy) He must have heard every prayer I’ve been praying

(girl echo) I’ve been praying

(both)He must’ve knew everything I would need When God made you, He must’ve been thinking about me.

 

 

Prayer for a friend

Lord I lift my friend to You.
I've done all that I know to do.
I lift my friend, to You.
Complicated circumstances
have clouded his view.
Lord I lift my friend up to You.

I fear that I won't have the words
that he needs to hear.
I pray for Your wisdom , oh God.
And a heart that's sincere.
And Lord I lift my friend up
to You.

Lord I lift my friend to You.
My best friend in the
world, I know he means much
more to You.
I want so much to help him, but
this is something he has to do.
Lord I lift my friend up to You.

There's a way that seems so right to him.
But You know where that leads.
He's becoming a puppet of the world.
Too blind to see the strings.
And Lord I lift my friend up to You.

Lord I lift my friend to You.
I've done all that I know to do.
I lift my friend, to You.

Beautiful song By casting crowns
you must listen the song....


sometimes, qta gak slalu bs ada disamping sahabat2 qta anytime..
apalagi...when they need shoulder to cry on...
qta bukan Tuhan yg bs melintasi pulau, yg bs denger smua keluhannya
apalagi klo qta punya aktivitas yg cukup padattt....
jarak yg jauh yang memisahkan...

but one thing that we can do at anytime and any where is pray for them...

this song remember me for some people who care about me
care when i sick
care when i need someone to talk
care when i need time to Alone
and amazinggg, they still support me...

Thank you my friend, thank you my sister, thank you to be  a part of my life..

i always pray for you...